ADS

October 26, 2014

PKBM ZAM - ZAM

Assalamu'alaikum dan selamat malam sobat BLOGGER. Selamat Tahun Baru Islam 1436 Hijriyah, semoga kita semua menjadi manusia yang semakin bertaqwa kepada Allah SWT, dan semoga tahun ini lebih baik dari pada tahun kemarin. Walaupun saya mengucapkannya telat, tapi lebih baik daripada tidak sama sekali :D

OK kembali ke pembahasan sobat BLOGGER. Kali ini saya akan share lagi Tugas Kuliah Pendidikan Masyarakat, yaitu Laporan Kunjungan Lapangan ke PKBM ZAM - ZAM. Berikut adalah sedikit INFO mengenai PKBM ZAM - ZAM.

  • Profil Singkat

PKBM Zam-zam  dipimpin oleh bapak Abdillah Hanafi, beliau adalah alumni Jurusan PLS di Malang. Beliau juga pernah menjabat sebagai Kajur PLS, KaBag, SekJur dan sebagainya. Dalam delapan tahun pengabdiannya kepada masyarakat, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Zam-zam telah menyumbang banyak hal untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Untuk mencapai misi utama menggerakkan masyarakat untuk saling berbagi dalam menggapai kehidupan yang bertakwa, sehat, cerdas, sejahtera, berkah dan bermartabat, lembaga ini mewadahi masyarakat dalam beberapa ruang lingkup kegiatan. Tiga di antaranya ialah pembinaan keagamaan, pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan remaja dan dewasa.

  • Program PKBM Zam-zam

Selain PAUD dan pembinaan keagamaan yang meliputi pelatihan umrah, pengajian tafsir dan semacamnya, PKBM ini juga menekuni Pendidikan Remaja dan Dewasa (PRD) yang berkonsentrasi pada pemberdayaan masyarakat sekitar.
Salah satu program PRD, yaitu Pelatihan Kecakapan Hidup (PKH), dikatakan Abdillah saat ini memiliki banyak kegiatan yang manfaatnya sudah dapat dirasakan masyarakat. Di antaranya ialah pelatihan kerumahtanggaan, kewirausahaan (pelatihan jamur, dll), bimbingan belajar, ketenagakerjaan, dan digital literacy. Selain itu ada juga pendidikan kesetaraan (Paket A, B, C) dan pelatihan kader pemberdayaan masyarakat. Abdillah mengungkapkan, seluruh  program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup baik dunia maupun di akhirat. 
Untuk unit produksi, PKBM Zamzam sudah memiliki bengkel las dan kerajinan kayu dengan produk utama Alat Peraga Edukatif (APE). Produk yang dihasilkan sudah dipakai di Paud Zamzam dan masyarakat luas.

  • Foto saat Kegiatan di PKBM Zam - Zam




BACA JUGA LAPORAN LAIINYA:

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates