ADS

September 25, 2014

TIPS & TRIK AGAR MUDAH MENGUASAI MATEMATIKA

Assalamu'alaikum dan selamat sore sobat BLOGGER. Bagaimana kabar kalian? Saya harap sehat wal'afiat yaa :D
Hari ini kita akan membahas mengenai salah satu mata pelajaran favorit saya saat sekolah hingga kini, yaitu mata pelajaran Matematika.


Banyak yang beranggapan bahwa Matematika adalah pelajaran yang sangat sulit dan banyak pula yang takut dan/atau benci dengan mata pelajaran ini. Namun sebenarnya Matematika tidaklah se-menakutkan itu dan tidak perlu dibenci. Jika kita ingin menguasai Matematika, maka kita haruslah memahami konsep-konsep atau pun dasar-dasar yang ada di Matematika itu sendiri.

Saya akan share sedikit pengalaman saya kepada sobat BLOGGER mengenai Matematika. Berikut adalah TIPS & TRIK AGAR MUDAH MENGUASAI MATEMATIKA:

  • Kuasai konsepnya/dasarnya

Ibaratkan sebuah gedung, jika lantai dasarnya kokoh maka Insya Allah lantai di atasnya juga akan kokoh. Sama halnya dengan Matematika, jika kita bisa menguasai dasarnya atau konsepnya, maka kita akan jarang menemui kesulitan dalam menjawab soal.

  • Jangan bosan berlatih mengerjakan soal
Inti dari mempelajari Matematika agar mudah adalah "sering berlatih mengerjakan soal". Diawali dari membaca konsep atau dasar-dasarnya, kemudian lanjut ke contoh-contoh soal, setelah paham, barulah mencoba mengerjakan berbagai macam soal Matematika, agar kita tidak kaget saat menghadapi soal apapun karena kita telah sering berlatih.

  • Jangan malu bertanya
Pelajaran Matematika adalah pelajaran yang butuh pemahaman, jika kita tidak paham maka jangan malu untuk bertanya kepada teman kita yang lebih paham atau bertanya kepada guru kita. Ini bisa mempercepat kita untuk memahami suatu materi. Dan dengan bertanya, juga dapat memantapkan pemahaman kita jika kita masih ragu-ragu dalam suatu materi.

  • Sering berdiskusi
Karena Matematika butuh pemahaman, maka kita juga harus sering berdiskusi dengan teman-teman kita. Buatlah semacam kelompok belajar bersama teman kalian, pelajari materi-materi yang telah diajarkan oleh guru kalian atau pun yang belum diajarkan guru (agar lebih awal memahami dibanding siswa lain) terutama juga materi yang dianggap sulit.

  • Ikuti les, privat dsb (bila perlu)
Tidak dapat dipungkiri bahwa materi-materi yang diberikan guru kita di sekolah masih kurang dan terkadang kita juga masih kurang paham di materi tertentu. Untuk itu agar materi itu dapat kita kuasai pula, kita bisa mengikuti les, privat dan sebagainya agar memantapkan materi-materi yang belum kita kuasai di sekolah. Dan biasanya guru les juga akan membahas materi-materi yang belum diajarkan oleh guru atau pun materi yang memang tidak diajarkan oleh guru.

  • Perbanyaklah ibadah, do'a dan amal lainnya (untuk apapun dalam hal kebaikan, tidak hanya belajar)
Semua yang kita lakukan akan setengah-setengah hasilnya jika kita melupakan Sang Pencipta yang telah memberikan segalanya dan bisa kita nikmati saat dulu, kini hingga nanti. Berdo'alah agar dimudahkan dalam menuntut ilmu, berdo'alah agar dibukakan pintu hati kita agar mudah menerima hal-hal yang baik dan menjauhi hal-hal buruk/jelek. Usahakan sebelum belajar terlebih dahulu berwudhu, atau belajarlah setelah selesai sholat, sebab telah dilakukan penelitian pada orang yang belajar yang sebelumnya sudah wudhu dan orang yang tanpa wudhu. Dan hasilnya adalah orang yang sebelumnya telah berwudhu lebih cepat memahami materi tertentu yang diujikan.

OK sobat BLOGGER, semoga setelah membaca Tips dan Trik di atas, kalian dimudahkan dalam segala hal yang baik terutama dalam menuntut ilmu. Dan semoga kalian tidak takut lagi dengan Matematika dan/atau benci dengan Matematika. Sebab sebenarnya Matematika adalah mata pelajaran yang menyenangkan dan membuat penasaran. :D

18 comments:

  1. apa2an?? :v :v :v
    ^lebih master yg ngmong O:)

    ReplyDelete
  2. kak yogi bisa bantu aku gak ajari polinomial :3 belum diajari disekolah.an -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung,, lihat dlu model soalnya :3
      kalau susah yaa krng bisa jg saya :D
      *efek krna lama gk 'berkecimpung' dgn MTK :3

      Delete
    2. akhir2 ini lgi males buka FB :3

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. http://cahyoputra97.blogspot.com/?view=classic kunjungi blog ku ya :D

    ReplyDelete
  5. garis g melalui titik T(1,3) dan memeiliki gradien m. agar g memotong grafik y = -x^2 pada dua titik yang berbeda, maka haruslah ....
    a. m > 2
    b. 2 < m < 6
    c. -6 < atau m < 2
    d. m _<(kurng dri sma dengn) -6 atau m _> (lbh dri sma dengn) 2
    e. m < -6 atau m>2
    help meee :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. T(1, 3) --> T(x1, y1)
      Pers garis g --> y - y1 = m.(x - x1)
      .......................... y - 3 = m.(x - 1)
      ............................... y = mx + (3 - m)

      y = y
      -x^2 = mx + (3 - m)
      x^2 + mx + (3 - m) = 0

      Syarat memotong di dua titik:
      D > 0
      b^2 - 4.a.c > 0
      m^2 - 4 . 1 . (3-m) > 0
      m^2 + 4m - 12 > 0
      (m + 6).(m - 2) > 0

      gunakan garis bilangan
      + .......... - .............+
      -----*-------------*-------
      .... -6 ............. 2

      Karena syaratnya adalah ">" (lebih besar dari), maka daerah yang memenuhi adalah daerah positif.. Jadi nilai m yg memenuhi adalah
      m < -6 atau m > 2

      Delete
    2. wahhh,,,,bang yogiii,,makkassiihh,,, :D hehe yyeye satu tugas teratasii,,,whehehe

      Delete
    3. hohoho,, sama2 O:)
      cemumut :D

      Delete
  6. bang tolong kasih conto soal matriks bentuk cerita :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm.. sbenarnya soal2 cerita tentang persamaan linier 2 variabel ataupun 3 variabel itu bisa diselesaikan dgn metode matriks :)
      jadi yaa salah satu contoh soal cerita dg penyelesaian matriks ya soal2 cerita pers linier :D
      tpi utk penyelesaiannya saya sdh lupa :3
      lalu utk contoh soal2 lain,, sya jg krng tau ._.
      *maap,, maklum jg msih bljr :3

      Delete

 
Blogger Templates