ADS

October 23, 2014

MAGISTRA UTAMA (MU)


Assalamu'alaikum dan selamat siang sobat BLOGGER. Bagaimana kabar kalian? Apakah TAHES (sehat)? :D ^_^

Beberapa waktu lalu saya telah share mengenai SEKOLAH DOLAN. Dan kali ini saya akan share lagi tugas kuliah saya di UNESA dalam mata kuliah Pendidikan Masyarakat, yaitu Laporan Kunjungan Lapangan tentang MAGISTRA UTAMA (MU). Berikut laporannya ;)



  • Profil Singkat

MAGISTRA UTAMA (MU) adalah Lembaga Pendidikan dan Pelatihan yang didirikan secara resmi pertama kali pada tanggal 01 Juni 1996 di Malang. MAGISTRA UTAMA (MU) berdiri sebagai upaya nyata, terpadu dan profesional dengan satu tujuan mulia yaitu membantu masyarakat memberdayakan dirinya agar dengan gagah berani menghadapi semua persoalan sekarang maupun masa datang. Penyelenggaraan kegiatan dan kinerja yang dimiliki bertumpu pada asas: Profesionalisme, Loyalitas, Kemandirian, dan Legal Formal.

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan MAGISTRA UTAMA (MU) dalam programnya menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Kandidat Karyawan Program 1 Tahun yang menjadi mitra pemerintah sebagai wujud peran serta masyarakat guna ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional yang dioperasikan bersama dunia kerja (partnership) melalui praktik kerja lapangan dan/atau permagangan guna melayani setiap peserta didik belajar dan berlatih sampai terampil.

Pendidikan dan pelatihan, MAGISTRA UTAMA (MU) diselenggarakan sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 pasal 26 bahwa Pendidikan dan Pelatihan sebagaimana yang diselenggarakan MAGISTRA UTAMA berfungsi sebagai penambah dan/atau pelengkap ijazah pendidikan formal. Pengertian dan pemahaman mengenai maksud, tujuan dan keberadaan Pendidikan dan Pelatihan Kerja mengacu pada pengertian/pemahaman yang dimaksud oleh pasal 26 ayat 2 undang-undang SISDIKNAS tentang lembaga pendidikan nonformal yang menekankan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional. Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan kerja ini selalu disesuaikan dengan ketentuan perundangan dan ketentuan pemerintah yang berlaku.

  • Program Keahlian

Magistra Utama sebagai Lembaga Pendidikan Keterampilan terandal di Indonesia yang merefleksikan anak muda yang dinamis, energik, kreatif dan pantang menyerah dalam menggapai cita-cita dan meraih impian guna hidup lebih baik dengan meraih pekerjaan pertama sebagai bekal kehidupan.

A. Akuntansi Perusahaan dan Perpajakan
Belajar dan berlatih akuntansi keuangan, perpajakan, entrepreneur, komputer akuntansi, manajemen pemasaran.
Total Biaya Pendidikan : Rp. 6.995.000,-

B. Perbankan dan Keuangan
Belajar dan berlatih perbankan dan keuangan syariah, akuntansi, manajemen dana bank.
Total Biaya Pendidikan : Rp. 6.995.000,-

C. Administrasi Perkantoran & Ekspor Impor
Belajar dan berlatih administrasi perkantoran, aplikasi akuntansi dan ekspor impor, bea cukai, sekretaris dan entrepreneur.
Total Biaya Pendidikan : Rp. 6.995.000,-

D. Sekretaris dan Manajemen Bisnis
Belajar dan berlatih sekretaris, staf administrasi, customer service, public relation, etika bisnis dan akuntansi.
Total Biaya Pendidikan : Rp. 6.995.000,-

E. Perhotelan dan Pariwisata
Belajar dan berlatih perhotelan, biro wisata, restoran, perhotelan, catering service, pemandu wisata, bahasa mandarin, beverage service.
Total Biaya Pendidikan : Rp. 6.475.000,-

F. Asisten Paramedis dan Perawatan Kesehatan
Belajar dan berlatih dasar keperawatan, etika keperawatan, kebidanan dasar, farmakologi, pendidikan anak usia dini, ilmu gizi, pramusehat.
Total Biaya Pendidikan : Rp. 6.995.000,-

G. Komputer Administrasi Rumah Sakit
Belajar dan berlatih staf manajemen rumah sakit, administrasi keuangan, rekam medik, pemasaran rumah sakit, customer service.
Total Biaya Pendidikan : Rp. 6.995.000,-

H. Manajemen Informatika dan Desain Web
Belajar dan berlatih pemrograman, sistem informasi manajemen, adobe photoshop, corel draw, web programming,database, adobe flash.
Total Biaya Pendidikan : Rp. 6.475.000,-

I. Desain Grafis dan Digital Fotografi
Belajar dan berlatih program audio dan video editing, dasar-dasar teknik menggambar, macromedia flash, coreldraw, desain web, adobe photoshop.
Total Biaya Pendidikan : Rp. 6.475.000,-

J. Teknisi Komputer dan Teknisi Jaringan
Belajar dan berlatih komputer,  teknisi komputer, sistem jaringan komputer, perbaikan monitor, sistem operasi dan jaringan linux.
Total Biaya Pendidikan : Rp. 6.995.000,-

K. Teknik Otomotif
Belajar dan berlatih mekanik motor dan mobil, teknologi motor bensin dan diesel. Lulusan SMK otomotif tidak dianjurkan kecuali untuk prioritas bantuan penyaluran ke dunia kerja.
Total Biaya Pendidikan : Rp. 6.475.000,-

L. Manajemen Resto dan Usaha Kuliner
Belajar dan berlatih : Food & Beverage Product, Food & Baverage Service, Tata kelola restoran. Praktik 50 lebih menu tradisional dan mancanegara,  manajemen usaha, strategi pemasaran usaha, customer service, standar higienitas & standar gizi makanan. Praktik aplikasi kasir.
Total Biaya Pendidikan : Rp. 5.800.000,-

  • Proses Pendidikan dan Pelatihan

MAGISTRA UTAMA (MU) menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Siap dan Cepat Kerja Program 1 Tahun dengan new concepts : Triple competence sebagai mitra pemerintah sebagai wujud peran serta masyarakat guna ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mengembangkan potensi peserta program dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional yang dioperasikan bersama dunia kerja (partnership) melalui pendidikan keterampilan kerja, praktik kerja lapangan dan atau permagangan guna melayani setiap peserta program belajar dan berlatih sampai terampil dan mampu memenuhi kebutuhan dunia kerja dan dunia usaha.

Seiring dengan perkembangan dan dinamika dunia usaha kerja, saat ini berbagai perusahaan berupaya sangat serius untuk melakukan berbagai upaya agar proses operasional usaha semakin efektif, efisien, dengan keuntungan terus meningkat. Salah satu upaya yang ditempuh adalah melalukan efisiensi sumber daya manusia, dimana tenaga kerja semakin dituntut untuk mampu menguasai dan melakukan beberapa pekerjaan secara paralel sekaligus, yang berarti tenaga kerja semakin dituntut untuk belajar lebih keras dan lebih banyak agar bisa memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industri.

Fakta yang harus dipahami juga oleh calon tenaga kerja, bahwa hampir semua perusahaan menerapkan sistem dan pola jenjang karir berdasarkan pengalaman kerja di berbagai bidang. Perusahaan akan mengangkat seorang manajer yang menguasai beberapa bidang kerja (operasional, pemasaran, keuangan, kepersonaliaan dan lain - lain) sehingga manajer mampu memberikan tugas dengan benar kepada pegawainya sesuai bidang kerjanya, manajer mampu mengontrol pekerjaan pegawainya karena tahu yang seharusnya dilakukan di masing-masing bidang kerja.

Kegiatan pembinaan dalam Pendidikan dan Pelatihan di MAGISTRA UTAMA, menjelaskan kepada Peserta Program bahwa MAGISTRA UTAMA sebagai centre of empowerment (Skill, character dan Entrepreneur) sebagai resources Empowerment yang setiap Peserta Program diberi pembekalan yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan zaman yang setiap saat terupdate meliputi tentang:

A. Skill – Knowledge
Keterampilan yang harus diperoleh selama belajar dan berlatih di MAGISTRA UTAMA sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri.

B. Character
Kegiatan pembinaan selama satu tahun program di MAGISTRA UTAMA harus dapat membentuk the winning character, dimana lulusan MU harus memiliki kepribadian yang hormat, santun, baik, jujur, disiplin, pekerja keras sesuai kebutuhan perusahaan pencari kerja.

C. Entrepreneurship
Melalui kegiatan Unit Support Skill (USS) dan Unit Support Entrepreneur (USE) dan bekal pelatihan kewirausahaan dipersiapkan untuk memiliki kesiapan untuk menjadi pribadi mandiri, siap berwirausaha.

Pendidikan dan Pelatihan di MAGISTRA UTAMA berbasis "Triple Competence", jadi setiap Peserta Program disiapkan untuk bisa menguasai beberapa keahlian sekaligus, lintas jurusan dan pemahaman tentang pengetahuan umum yang ditambahkan. Keseimbangan antara professional dan menjadi wirausaha. Kami dengan sangat sadar menyadari bahwa banyak dari Peserta kami masih "hijau" dalam dunia usaha, oleh karena itu kami bertekad mengembangkan SDM peserta program kami untuk bisa bersaing dan mendapatkan posisi yang mereka inginkan.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates